Labels

Search This Blog

17 November 2023

Lifting Gear Inspection

Proses dari pengangkatan (lifting) ini merupakan salah satu pekerjaan dengan kategori risiko yang sangat tinggi (high risk job) akan kecelakaan pada saat pengoperasiannya, oleh karena itu para pekerja atau operator pada pekerjaan ini harus mempunyai sertifikat keahlian yang diperoleh dari pelatihan, agar meminimalisir terjadinya kecelakaan pada saat mengoperasikan pesawat angkat (lifting equipment). Terjadinya kecelakaan kerja khususnya pekerjaan pengangkatan (lifting) dengan menggunakan pesawat angkat (lifting equipment) antara lain gagalnya pengangkatan beban, rusaknya peralatan, putusnya tali sling pengikat, dan kerusakan pada struktur bangunan disekitarnya, serta cidera atau bahkan terjadinya kematian adalah bagian dari rangkaian risiko yang bisa terjadi pada saat proses pekerjaan pengangkatan dengan melibatkan pesawat angkat (lifting equipment) dan aksesoris (lifting gear)

Lifting Gear Inspection merupakan inpeksi periodik secara menyeluruh terhadap pesawat angkat (lifting equipment) dan aksesoris (lifting gear) yang sudah menjadi suatu kebutuhan selama peralatan di pergunakan. Karena resiko keselamatan yang tinggi, peralatan lifting gear atau alat bantu angkat harus dilakukan pemeriksaan atau inspeksi dan pengujian secara berkala.


Dalam melakukan Lifting Gear Inspection secara menyeluruh terhadap alat angkat dan aksesories akan mengikuti prosedure standard dari industry dan metode-metode yang meliputi :

  1. Pemeriksaan visual dan pemeriksaan fungsional
  2. Pengukuran keausan
  3. NDT (pengujian non-destruktif) dan pengujian beban (Load Test)

Lifting Gear Inspection meliputi alat-alat berikut tetapi tidak terbatas pada:

  • Slings
  • Shackles
  • Chainblocks
  • Wire Rope
  • Cranes
  • Pad Eyes
  • Sheaves/Snatch Blocks



No comments:

Post a Comment

Electronic Air Drier - Volvo Truck

Air Drier, General Electronic air drier bekerja berdasarkan prinsip yang sama seperti pendahulunya yang dikontrol udara. Perbedaannya, e...