Labels

Search This Blog

21 November 2023

Turbocharger

Perbedaan signifikan antara turbocharged engine dan traditional naturally aspirated engine adalah terletak pada udara yang masuk kedalam engine sudah dikompresi sebelum bahan bakar diinjeksikan. Di sinilah turbocharger sangat menentukan keluaran tenaga dan efisiensi mesin diesel.

Fungsi turbocharger adalah memampatkan lebih banyak udara yang mengalir kedalam engine cylinder. Ketika udara dikompresi, molekul-molekul oksigen akan berkumpul menjadi lebih berdekatan. Peningkatan udara ini berarti lebih banyak bahan bakar yang dapat ditambahkan dibandingkan dengan naturally aspirated engine dengan ukuran yang sama. Hal ini kemudian menghasilkan peningkatan mechanical power dan peningkatan efisiensi proses pembakaran secara keseluruhan. Oleh karena itu, ukuran mesin dapat dikurangi untuk mesin turbocharged sehingga menghemat tempat, bobot, dan peningkatan penghematan bahan bakar secara keseluruhan.

Turbocharger terdiri dari dua bagian utama: turbine dan compressor. Turbin terdiri dari turbine wheel (1) dan turbine housing (2). Fungsi turbine housing adalah mengarahkan exhaust gas (3) ke turbine wheel. Energi dari exhaust gas memutar turbine wheel, dan gas tersebut kemudian keluar dari turbine housing melalui exhaust outlet area (4). 

Compressor juga terdiri dari dua bagian: compressor wheel (5) dan compressor housing (6). Cara kerja compressor berlawanan dengan turbine. Compressor wheel dipasang bersamaaan dengan turbine melalui forged steel shaft (7), dan saat turbine memutar compressor wheel, putaran kecepatan tinggi menarik udara dan memampatkannya. Compressor housing kemudian mengubah aliran udara berkecepatan tinggi dan bertekanan rendah menjadi aliran udara bertekanan tinggi dan berkecepatan rendah melalui proses yang disebut difusi. Udara bertekanan atau compressed air (8) didorong ke dalam engine, sehingga dapat membakar lebih banyak bahan bakar untuk menghasilkan tenaga lebih besar.

  1. Turbine wheel
  2. Turbine housing
  3. Exhaust gas
  4. Exhaust outlet area
  5. Compressor wheel
  6. Compressor housing
  7. Forged steel shaft
  8. Compressed air 

Biasanya engine yang terpasang turbocharger akan dilengkapi dengan intercooler (Charge-air cooler). Ketika udara didinginkan setelah melewati turbocharger, maka lebih banyak massa udara (oxygen) yang dapat masuk kedalam cylinder. Hal ini memungkinkan untuk menginjeksikan lebih banyak fuel kedalam cylinder yang akan menghasilkan peningkatan power yang significant sekitar 10%. Engine torque juga meningkat dan fuel consumption dapat dikurangi.

No comments:

Post a Comment

Electronic Air Drier - Volvo Truck

Air Drier, General Electronic air drier bekerja berdasarkan prinsip yang sama seperti pendahulunya yang dikontrol udara. Perbedaannya, e...