Labels

Search This Blog

17 November 2023

APAR (Alat Pemadam Api Ringan)

Hampir semua kebakaran terjadi pada tahap awal dalam skala kecil dan dapat dipadamkan dengan cepat jika alat pemadam api yang tepat tersedia, dan orang yang menemukan api telah dilatih untuk menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) atau Fire Extinguishers yang ada. Pada dasarnya ada tiga jenis atau kelas alat pemadam kebakaran, yang masing-masing memadamkan jenis api tertentu. 

Alat pemadam api kelas A akan memadamkan api pada bahan mudah terbakar biasa, seperti kayu dan kertas. Alat pemadam yang cocok untuk kebakaran Kelas A harus ditandai dengan segitiga yang memuat huruf "A.N". Jika berwarna, maka segitiga tersebut harus berwarna hijau. 

Alat pemadam api kelas B akan memadamkan api pada bahan mudah terbakar biasa, seperti kayu, kertas, dan plastik. Alat pemadam yang cocok untuk kebakaran Kelas A cocok untuk kebakaran Kelas B harus ditandai dengan kotak yang berisi huruf "B". Jika berwarna, kotak tersebut harus berwarna merah. 

Alat pemadam api kelas C digunakan pada kebakaran yang melibatkan peralatan listrik berenergi yang memerlukan penggunaan listrik non-konduktif pemadam. Alat pemadam yang sesuai untuk kebakaran Kelas C harus ditandai dengan lingkaran yang mengandung huruf "C". Jika berwarna, lingkaran tersebut harus berwarna biru. Adanya huruf "C" menunjukkan bahwa bahan pemadam tersebut non-konduktif . 

Setiap lokasi kerja harus memiliki alat pemadam kebakaran sesuai dengan kemungkinan terjadinya berdasarkan aktivitas pekerjaan atau material yang ada pada lokasi kerja. Jumlah alat pemadam yang dibutuhkan tergantung pada luasan area, material dan aktivitas pekerjaan. Kenali lokasi alat pemadam kebakaran di lokasi kerja Anda.

Langkah Penggunaan APAR sbb :

  1. Tarik pin di bagian atas alat pemadam.
  2. Arahkan nosel ke arah api.
  3. Tekan pegangannya untuk melepaskan bahan pemadam dan
  4. Sapu dari sisi ke sisi di dasar api sampai padam 


 

No comments:

Post a Comment

Electronic Air Drier - Volvo Truck

Air Drier, General Electronic air drier bekerja berdasarkan prinsip yang sama seperti pendahulunya yang dikontrol udara. Perbedaannya, e...