Volvo FMX - Dual Steering System
Dual steering system berarti terdapat dua servo control hydraulic pump circuit. Jika main circuit mengalami malfunction maka circuit 2 akan mengambilalih fungsi steering system. Dual steering system terdiri dari :
Circuit 1, dimana servo pump digerakan oleh engine (3).
Circuit 2, dimana servo pump digerakam oleh output shaft pada gearbox (4). Servo pump digerakan selama kendaraan bergerak baik dalam kondisi engine running atau tidak. Circuit 2 tidak akan berpengaruh selama circuit 1 berfungsi dengan benar.
- Power steering pump, engine-driven (circuit 1)
- Power steering pump, gearbox-driven (circuit 2)
- Oil reservoir
- Steering gear
- Flow sensor (circuit 2)
- Change-over valve
- Power steering cylinder
A. Scenario with functioning circuit 1
B. Scenario with the circuit 1 out of order
- Circuit 1
- Circuit 2
- Power steering pump, engine-driven (circuit 1)
- Power steering pump, gearbox-driven (circuit 2)
- Oil reservoir
- Steering gear
- Flow sensor (circuit 2)
- Change-over valve
- Power steering cylinder
- Pipe system to power steering cylinder
Circuit 1
Dalam kondisi engine running, pump (3) menghisap oil dari oil reservoir (5). Steering gear (4) dan power steering cylinder (10) terhubung melalui change-over valve (8) oleh dua saluran.
Relief pressure di-adjust menggunakan automatic relief screw. Servo pump tidak memiliki pressure limiting valve. Maximum pressure pada circuit 1 diatur pada steering gear.
Circuit 2
Pump (4) menghisap oil dari oil reservoir (5). Dari servo pump, delivery pipe menuju valve housing pada steering gear (6). Ketika circuit 1 is dalam kondisi normal, aliran pada circuit 2 tanpa hambatan melalui valve housing pada steering gear. Jika circuit 1 mengalami malfunctin, maka circuit tersebut akan dimatikan dan circuit 2 mensupplai oli menuju ke steering gear. Power steering cylinder (10) disengaged pada saat yang bersamaan. Working pressure pada circuit 2 dikendalikan oleh servo pump.
No comments:
Post a Comment