Labels

Search This Blog

24 November 2023

Overhead Crane Pre-use Inspection

Overhead Crane Pre-use Inspection

Overhead crane ini berfungsi sebagai alat angkat maupun alat memindahkan barang pada lingkungan yang terbatas atau di dalam ruangan. Meskipun hanya bisa memindahkan barang dalam lingkungan tidak terlalu luas, Overhead crane bekerja efektif karena gerakannya dapat ke kanan – ke kiri dan maju – mundur.
Overhead crane juga dapat dibuat single girder maupun double girder sesuai dengan kebutuhan. Pemakaian overhead crane yang banyak digunakan pada dunia industri adalah girder dengan bentuk beam atau kotak. Hal ini karena dinilai lebih praktis dari segi konstruksi. Meskipun dalam perencanaan dan pembuatan overhead crane tidak memerlukan teknologi yang terlalu tinggi, pada alat pengangkat jenis ini tetap harus diperhatikan faktor keamanan dan keselamatan kerja operator yang menjalankannya.

Penting untuk mengenali bagian-bagian overhead crane beserta fungsinya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam mengecek saat terjadi kerusakan kecil ataupun sebagai sarana meminimalisir kecelakaan kerja karena disebabkan ketidaktahuan. Berikut bagian bagian overhead crane dan fungsinya,

  • Drum

Drum merupakan komponen overhead crane yang berfungsi sebagai alat untuk menggulung tali baja sebagai penggerak daya. Komponen ini dilengkapi dengan alur agar tali baja dapat digulung teratur sehingga keausan baja dapat dikurangi.

  • Rail (Runway Rail)

Rail adalah bagian overhead crane yang berfungsi sebagai lintasan untuk bergerak. Runway rail berada di samping kanan dan kiri. Komponen ini merupakan tempat untuk roda yang dapat menggerakkan hoist crane maju atau mundur.

  • Girder

Girder adalah tempat bagi hoist untuk bisa bergerak ke kanan atau ke kiri. Bentuk girder seperti lintasan yang memiliki 2 jenis yaitu single girder atau double girder. Single girder artinya terdiri dari 1 balok sedangkan double girder terdiri dari 2 balok yang dipasang sejajar dengan ruang kosong di tengahnya. Ruang kosong tersebut nantinya akan menjadi tempat hoist crane untuk bergerak.

  • Hook
Komponen hook dihubungkan ke drum dengan sheave block pulley melalui wire rope. Pada umumnya, memiliki safety latch untuk mencegah terlepasnya chain atau sling yang mengikatnya.
  • Hoist

Mesin hoist adalah alat yang berfungsi untuk mengangkat serta menurunkan beban yang ingin dipindahkan. Pada mesin hoist terdapat hook dan tali kawat yang bisa diulur dan digulung sehingga dapat meraih muatan dengan lebih mudah. Hoist dapat bergerak secara horizontal ke arah kanan atau kiri pada girder.


Pre-use Inspection
Atau Inspeksi pra-penggunaan diperlukan sebelum penggunaan peralatan apapun yang berpotensi mengakibatkan kerugian ataupun kecelakaan kerja. Penggunaan Checklist adalah cara sederhana untuk merepresentasikan pelaksanaan inspeksi keselamatan. Checklist memberikan panduan terkait serangkaian hal spesifik yang konsisten untuk dilakukan pemeriksaan. Inspeksi ini biasanya dicatat dalam form atau log book yang disimpan pada peralatan dan tersedia untuk dilakukan peninjauan. Peralatan kerja yang belum dilakukan pemeriksaan sebaiknya tidak digunakan. Operator bertanggung jawab untuk mengidentifikasi dan melengkapi checklist Pre-use Inspection.

Hal-hal yang dilakukan pengecekan dalam Pre-use Inspection adalah :

  1. Kondisi hook
  2. Kondisi sheave block
  3. Kondisi wire rope
  4. Kondisi drum
  5. Fungsi limit switch
  6. Fungsi brake
  7. Fungsi remote button (pendant control)
  8. Fungsi emergency switch
  9. Fungsi travelling alarm & rotary lamp



No comments:

Post a Comment

Electronic Air Drier - Volvo Truck

Air Drier, General Electronic air drier bekerja berdasarkan prinsip yang sama seperti pendahulunya yang dikontrol udara. Perbedaannya, e...