Labels

Search This Blog

17 November 2023

Simbol dan Label B3 (Bahan Beracun dan Berbahaya)

Bahan Berbahaya dan Beracun yang selanjutnya disingkat dengan B3 adalah bahan yang karena sifat dan/atau konsentrasinya dan/atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemarkan dan/atau merusak lingkungan hidup, dan/atau dapat membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, kelangsungan hidup manusia serta makhluk hidup lainnya. Sedangkan Bahan Kimia itu sendiri adalah semua materi berupa unsur, senyawa tunggal dan/atau campuran yang berwujud padat, cair, atau gas.

Pengelolaan B3 yang mencakup kegiatan menghasilkan, mengangkut, mengedarkan, menyimpan, menggunakan dan/atau membuang B3 harus dilakukan secara baik dan benar, sehingga penggunaan dan penanganan B3 tersebut akan aman bagi pengguna dan tidak mencemari lingkungan dan membahayakan makhluk hidup lainnya.

Salah satu hal penting dalam pengelolaan B3 adalah pemberian simbol dan label. Pemberian simbol dan label sangat penting untuk mengidentifikasi sekaligus mengklasifikasikan B3, yang nantinya akan sangat berguna sebagai informasi penting dalam pengelolaannya. Identifikasi yang digunakan untuk penandaan B3 terdiri dari 2 (dua) jenis yaitu Simbol dan Label.

Simbol/Piktogram Bahaya dan Label ini telah menyesuaikan dengan Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 23/M-Ind/Per/4/2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 87/M-Ind/Per/9/2009 Tentang Sistem Harmonisasi Global Klasifikasi Dan Label Pada Bahan Kimia.

Simbol Bahaya atau Piktogram Bahaya adalah suatu komposisi grafis yang terdiri dari suatu simbol bahaya dan elemen-elemen grafis lainnya seperti bingkai, pola latar belakang atau warna yang dimaksudkan untuk menyampaikan informasi spesifik tentang suatu bahaya.

Sedangkan Label adalah keterangan mengenai bahan kimia yang berbentuk piktogram bahaya atau simbol, tulisan, atau kombinasi keduanya atau bentuk lain yang juga berisi informasi identitas bahan kimia atau produk, identitas produsen atau pemasok, serta klasifikasi bahan kimia.

Secara umum yang perlu diketahui mengenai risiko dari bahan berbahaya dan beracun ini ada 3 risiko umum yaitu risiko fisik/kimia, risiko Kesehatan dan risiko Lingkungan.

Risiko Fisik/Kimia
Risiko fisik/kimia dikelompokkan menjadi mudah meledak, mudah menyala, oksidator, tabung gas bertekanan dan korosif.  Khusus untuk yang mudah meledak dan mudah menyala jangan sekali-sekali di dekatkan dengan sumber api.  Karena dari namanya saja kita tahu, bahwa bahan ini akan meledak/ menyala jika didekatkan dengan sumber api.  Berbeda lagi dengan bahan dengan simbol korosif, bahan ini akan cepat membuat logam berkarat.

Risiko Kesehatan
Risiko Kesehatan dikelompokkan menjadi korosif, beracun, pemicu iritasi dan karsinogen.  Nah untuk korosif kembali muncul.  Namun kali ini bahan korosif disebutkan akan membahayakan jika terkena kulit atau bahkan kerusakan pada mata.  Untuk bahan lainnya ini sangat berkaitan dengan pernapasan.  Jadi harap diperhatikan jenis dari masker/ respirator yang anda gunakan.  Mungkin 1 atau 2 hari anda tidak akan merasakan dampaknya,  namun lama-kelamaan jika terpapar dengan bahan ini bisa jadi aka nada muncul masalah pada Kesehatan anda.

Risiko Lingkungan
Risiko Lingkungan dikelompokkan kepada bahan pencemar Lingkungan dan pemicu iritasi.  Biasa simbol pencemar Lingkungan ini berbahaya pada peraran atau Lingkungan sekitar.  Misalnya ikan akan mati dsb.



No comments:

Post a Comment

Electronic Air Drier - Volvo Truck

Air Drier, General Electronic air drier bekerja berdasarkan prinsip yang sama seperti pendahulunya yang dikontrol udara. Perbedaannya, e...