Labels

Search This Blog

20 October 2023

Periodic Service

Periodic Service 

Adalah suatu program perawatan equipment yang dilakukan secara berkala sesuai dengan interval waktu tertentu berdasarkan hours meter (HM) maupun kilometers (KM) dengan melakukan penggantian oli dan filter serta pengecekan secara visual dengan checklist terhadap kondisi unit.


Untuk alat berat, pelaksanaan periodic service dilakukan berdasarkan hours meter (HM) dan dikategorikan menjadi 4 tipe periodic service yaitu :

  1. Periodic Service 250 jam (PS 1), dilakukan setiap kelipatan 250 jam.
  2. Periodic Service 500 jam (PS 2), dilakukan setiap kelipatan 500 jam.
  3. Periodic Service 1000 jam (PS 3), dilakukan setiap kelipatan 1000 jam.
  4. Periodic Service 2000 jam (PS 4), dilakukan setiap kelipatan 2000 jam.

Untuk pekerjaan tambahan pada hours meter tertentu dapat ditambahkan misalnya setiap 4000 jam, 6000 jam atau 8000 jam. Dalam aktual pelaksanaannya ada toleransi waktu untuk pekerjaan dapat dilaksanakan, hal ini mempertimbangkan kemampuan pelaksanaan service perharinya. Toleransi tersebut misalnya ditetapkan +/- 25 jam, artinya pelaksanaan service dapat dimundurkan 25 jam dari rencana yang dijadwalkan atau bahkan dimajukan lebih awal 25 jam. Misal jadwal Periodic Service 500 jam, dapat dilakukan pada hours meter 475 atau maksimal pada hours meter 525. 

Pekerjaan periodic service tidak hanya mengganti oli dan filter saja, untuk meningkatkan kualitas pekerjaan periodic service perlu dilakukan :

  • Washing, atau pencucian unit dilakukan sebelum dilaksanakan pekerjaan service agar lebih mudah untuk melakukan inspeksi visual.
  • Pre-service Inspection, atau inspeksi sebelum service dilakukan untuk mendapatkan informasi potensial kerusakan yang akan terjadi atau kerusakan menjadi lebih parah.
  • Backlog Execution, atau eksekusi pekerjaan yang ditemukan saat inspeksi sebelumnya dimana part dan segala sesuatu yang dibutuhkan sudah dipersiapkan. Biasanya pekerjaan minor yang durasi perbaikannya tidak melebihi waktu service.

Lakukan pekerjaan sesuai dengan checksheet, jika pekerjaan sudah dilakukan jangan lupa untuk memberi tanda centang. Kualitas pekerjaan periodic service dapat diukur dengan istilah Re-do PS, artinya jika unit yang telah dilakukan periodic service tidak boleh mengalami kerusakan dalam rentang waktu 24 jam dari sejak unit dinyatakan ready for used (RFU).

Ketika melakukan penggantian oli pada beberapa komponen, pastikan jenis oli termasuk klasifikasinya dan juga kapasitasnya. Penggunaan oli yang tidak sesuai dengan rekomendasi prabrik dapat menggugurkan warranty jika unit masih dalam masa warranty. 

No comments:

Post a Comment

Electronic Air Drier - Volvo Truck

Air Drier, General Electronic air drier bekerja berdasarkan prinsip yang sama seperti pendahulunya yang dikontrol udara. Perbedaannya, e...