Labels

Search This Blog

28 November 2023

Prinsip Kerja Pre-Engage Drive Starting Motor

Prinsip Kerja Pre-Engage Drive Starting Motor
Pre-engage drive starting motor atau yang lebih dikenal dengan overrunning type starter motor terdiri dari komponen-komponen utama :

  • Solenoid : yang bertugas seperti relay, menghubungkan arus yang besar dari baterai ke starter motor (melalui moving contact) dengan bantuan sejumlah kecil arus listrik yang dikontrol dari kunci kontak.
  • Starter Motor : yang bertugas menghasilkan gerak berputar dengan torsi besar untuk memutarkan flywheel. Torsi yang besar ini berasal dari perputaran armature di antara electromagnetic stator yang disusun oleh field coil dan pole shoe.
  • Overrunning clutch dan pinion gear : yang bertugas menyalurkan torsi yang dihasilkan starter motor ke flywheel engine dan mencegah terjadinya putaran yang berlebihan (overrunning) akibat terbawa berputarnya shaft starter motor saat engine telah hidup dan perkaitan antara pinion gear dan flywheel masih terjadi.

Pada saat kunci kontak posisi off, tidak ada arus mengalir ke dalam solenoid maupun starter motor. Arus listrik (+) stand-by pada kontak ponint sebelah atas. Pinion gear tidak terkait dengan flywheeL.


Kondisi Pre-Engaged
Kemudian bila kunci kontak diposisikan START, arus listrik akan mengalir ke pull-in coil dan holding coil secara bersamaan. Pull-in coil akan menarik plunger ke arah kanan, dan holding coil akan menahan plunger pada posisi terakhirnya. Karena pull-in coil terpasang secara seri dengan field coil, arus keluaran pull-in coil akan terus mengalir ke field coil dan menyebabkan putaran lemah pada armature.


Kondisi Engaged

Pada saat yang hampir bersamaan, plunger menarik shift lever hingga pinion gear bergerak ke kiri dan terhubung (engaged) dengan flywheel. Ketika plunger bergerak ke kanan, moving contact akan menghubungkan contact point hingga arus listrik (+) yang sudah stand-by akan mengalir dengan nilai yang besar menuju field coil secara langsung dari baterai (Pull-in coil tidak bekerja). Akibatnya armature akan berputar dengan kuat dan putarannya diteruskan ke flywheel melalui overrunning clutch dan pinion gear.




No comments:

Post a Comment

Electronic Air Drier - Volvo Truck

Air Drier, General Electronic air drier bekerja berdasarkan prinsip yang sama seperti pendahulunya yang dikontrol udara. Perbedaannya, e...