Service Brake
Semua axles dilengkapi dengan multi-disc brake tipe basah yang terpisah dengan brake cooling. Service brake beroperasi secara hydraulic. Hydraulic pump digunakan untuk mengisi tekanan brake system (brake charging) dan juga untuk menggerakan engine radiator fan. Pengisian tekanan brake system (memiliki prioritas. Rear brake circuit dioperasikan melalui relay valve pada beban unit untuk mendapatkan respons yang lebih cepat.
- Brake cooling valve
- MA5503 Shut-off, cooling fan
- PWM5201 Circulation, brake cooling oil
- Accumulator bank, front brake circuit
- SE5226 Sensor, feed pressure common brake circuit
- M21 Charge pressure brakes, tractor unit
- SE5201 Sensor, feed pressure brakes, tractor unit
- M22 Feed pressure load unit (trailer)
- SE5202 Sensor, feed pressure brakes, trailer unit
- Pressure oil filter, brake system
- Brake control block
- AM1 Feed pressure, common brake circuit
- PWM5203 Brake control valve
- SE5203 Sensor, deployed pressure brakes, tractor unit
- Measuring ramp
- M11 Brake cooling circuit, tractor unit
- M12 Brake cooling circuit, load unit (trailer)
- M29 (Hydraulic Suspension, HS)
- Foot brake valve
- M15 Deployed brake pressure, tractor unit
- Hydraulic pump P6
- Hub with disc brake
- Relay valve, rear brake circuit
- Air vent valve
- M16 Deployed brake pressure load unit (trailer)
- Accumulator bank, rear brake circuit
- Air vent valve
- SE5501 Sensor, parking brake
- MA5501 Solenoid valve parking brake
- Accumulator bank, rear brake circuit
- Air vent valve
- Parking brake
- Breather, wheel brake
- Brake pipe
- Accumulator, common circuit
- SE5226 Sensor, feed pressure common brake circuit
- Connection to P6
- Pressure check connection M21, feed pressure tractor
- SE5201 Sensor, feed pressure brakes, tractor unit
- Accumulator, feed circuit tractor unit
- Non-return valve common circuit/tractor unit brake circuit
- Non-return valve common circuit/load unit (trailer) brake circuit
- Connection to accumulator bank on load unit (trailer)
- Accumulator, feed circuit load unit (trailer)
- SE5202 Sensor, feed pressure brakes, trailer unit
- Connection to rear circuit brake pedal
- Connection to front circuit brake pedal
- Pressure check connection M22 Feed pressure load unit (trailer)
Front brake circuit dan rear brake circuit memiliki accumulator bank yang terpisah. Accumulators telah diisi sebelumnya dengan nitrogen yang berfungsi untuk menyimpan energy guna memastikan kemampuan pengereman yang baik bahkan jika brake charging mengalami kegagalan. Central warning aktif dan parking brake terpasang jika accumulator pressure menjadi terlalu rendah.
Selain aktivasi melalui brake pedal, wheel brake dapat juga diaktifkan melalui PWM 5203 yang terletak pada brake control block yang memiliki fungsi seperti berikut ini :
- Automatic brake
Automatic brake melindungi engine dan transmission dari terjadinya overspeeding. Ketika engine overspeed terdeteksi, maka warning akan muncul kemudian wheel brake akan diaktifkan. Fungsi ini juga akan aktif ketika max. speed melebihi batas.
- Load and dump brake
Fungsi load and dump brake terintegrasi dengan dengan standard wheel brake system. Fungsi ini untuk mengurangi keausan dari parking brake dan drivetrain dengan mengaktifkan semua wheel brake selama loading dan dumping. Fungsi ini diaktifkan oleh switch SW5901 pada dump lever.
- Hill Assist
Fungsi Hill Assist adalah untuk mencegah machine dari pergerakan yang tidak diinginkan (rolling) ketika pada kondisi tanjakan.
- Retarder function
Fungsi retarder function memungkinkan pengoperasian wheel brake ketika unit beroperasi pada kondisi turunan (downhill) dan meminimalkan terjadinha resiko overheating pada wheel brake. Retarder dioperasikan dengan menggunakan retarder pedal.
Function diagram
- SE5201, sensor accumulator pressure brakes, tractor unit
- SE5202, sensor accumulator pressure brakes, load unit
- SE5203, sensor, deployed brake pressure, tractor unit
- SE5226, sensor common accumulator pressure
- PWM5203, brake control valve
- MA5501, control of parking brake
- SE5501, sensor, pressure parking brake
No comments:
Post a Comment