Labels

Search This Blog

17 October 2023

12 Langkah Isolasi

Dalam keselamatan operasional khususnya yang berkaitan dengan perawatan dan perbaikan alat berat atau suatu instalasi, 12 Langkah Isolasi merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan prosedur Lock Out & Tag Out. Langkah-langkah dalam melakukan Isolasi harus dilakukan secara berurutan, tidak bisa dilakukan secara acak atau dilakukan hanya beberapa langkah saja.


Hal ini untuk memastikan bahwa pekerjaan yang dilakukan benar-benar aman dari sumber energi yang dapat membahayakan pekerja.
Berikut ini langkah-langkah Isolasi yang wajib dilakukan :

1. Mengidentifikasi Sumber Energi Berbahaya

  • Semua pekerja yang terlibat dalam pekerjaan harus mengidentifikasi, menganalisa dan mencari sumber-sumber energi atau bahaya ygng dapat menciderai pekerja. Lakukan pemeriksaan terhadap sumber energi yang terhubung dengan peralatan yang akan diperbaiki. Contoh : Pada saat seorang mekanik akan melakukan perbaikan unit alat berat, maka mekanik tersebut harus mencari sumber-sumber energi yang dapat membahayakan dirinya saat melakukan pekerjaan di unit alat berat tersebut. Untuk menghindari unit dapat sewaktu-waktu dioperasikan orang lain tanpa ia ketahui; unit bergerak sendiri saat diparkir karena adanya kemiringan lantai kerja; adanya energi tersembunyi seperti tekanan udara, atau pegas, dan lain sebagainya.



2. Menginformasikan Kepada Pihak-pihak Yang Terkait 

  • Semua pihak yang terlibat langsung maupun yang tidak terlibat langsung namun masih berhubungan dengan pekerjaan atau peralatan yang akan diperbaiki harus diberitahu.


3. Mengisolasi dan Mengamankan Energi 
  • Dapat dilakukan dengan memutuskan aliran listrik dari sumbernya, membuang energi hidrolik tersimpan, memasang safety lock bar, memasang wheel chock dsb. Lakukan isolasi pada titik isolasi yang telah disediakan atau  sesuai dengan rekomendasi pabrik. Bila pekerjaan dilakukan secara berkelompok, maka lakukanlah isolasi secara kelompok dengan menggunakan scissor (safety hasp).

4. Menguji Isolasi
  • Setiap sumber yang telah diisolasi harus tetap diuji terlebih dahulu sebelum pekerjaan dilakukan untuk memastikan bahwa sumber energi benar-benar terputus.

5. Memasang Gembok dan Tag Yang Sesuai 
  • Setelah sumber energi telah diputus, pasanglah padlock (gembok) untuk memastikan bahwa tidak ada orang lain yang sewaktu-waktu dapat menghidupkan atau menyambung kembali sumber energi. Dan pasanglah tagging pada titik isolasi untuk memberikan informasi kepada pekerja lain terkait pekerjaan yang dilakukan.

6. Memulai Pekerjaan
  • Setelah semua sudah dipastikan aman, maka pekerjaan dapat dilakukan sesuai perencanaan.

7. Menyelesaikan Pekerjaan
  • Selesaikan pekerjaan pada shift anda, jika pekerjaan tidak dapat diselesaikan pada shift kerja anda, maka berikanlah pending job yang jelas ke pengawas dan isolasi harus tetap terpasang untuk menghindari kerusakan yang lebih parah yang disebabkan oleh pengoperasian pekerja lain yang tidak mengetahui.

8. Memeriksa Daerah Pekerjaan 
  • Lakukan final check atau pemeriksaan secara menyeluruh terhadap area kerja anda, untuk memastikan tidak ada pekerja lain yang berada di area tersebut, serta pastikan bahwa peralatan yang digunakan tidak ada yang tertinggal.

9. Membersihkan Daerah Pekerjaan 
  • Lakukan perapihan dan pembersihan (housekeeping) jika pekerjaan telah selesai dilakukan.

10. Melepas Gembok dan Tag Yang Sesuai 
  • Lepaslah semua gembok dan tagging setelah pekerjaan selesai.

11. Mengembalikan Energi 
  • Setelah gembok dan tagging dilepas, sambungkan kembali peralatan dengan sumber energi. Misalnya dengan memutar clipsal switch pada posisi “ON”, menghubungkan battery disconnect switch atau membuka valve pada posisi “Open”

12. Memeriksa Pengoperasian Alat Yang Dioperasikan 
  • Periksalah unit alat berat atau peralatan yang telah diperbaiki, pastikan bahwa peralatan telah berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya.


Lakukan prosedur isolasi diatas secara berurutan, pengetahuan dan kepekaan pekerja dalam mengidentifikasi dan menganalisa bahaya-bahaya pekerjaan juga merupakan hal pokok yang harus terus ditingkatkan.

Materi yang terkait :

Sumber-sumber Energi Berbahaya 

Lock Out & Tag Out

1 comment:

Electronic Air Drier - Volvo Truck

Air Drier, General Electronic air drier bekerja berdasarkan prinsip yang sama seperti pendahulunya yang dikontrol udara. Perbedaannya, e...