Labels

Search This Blog

18 October 2023

Sumber-Sumber Energi Berbahaya

Dalam melakukan prosedur isolasi, maka langkah pertama yang dilakukan adalah mengindentifikasi sumber-sumber energi yang berbahaya. Sumber energi digunakan untuk tujuan tertentu dalam kondisi tertentu, maka ketika melakukan pekerjaan harus mengisolasi energi tersebut agar tidak mencederai atau melukai pekerja. Berikut ini sumber-sumber energi yang harus diperhatikan sesuai dengan lokasi kerja.


Energi Potensial

Energi potensial (EP) merupakan energi yang tersimpan pada sebuah benda atau sesuatu karena posisi atau kedudukannya. Energi potensial terbagi lagi menjadi beberapa macam, yaitu energi potensial gravitasi, energi potensial pegas (elastis), dan energi potensial listrik, dan masih banyak lagi. Misalnya, ketika ada pekerjaan diketinggian maka area dibawahnya harus dilakukan demarkasi untuk menghidari sebuah benda jatuh dari ketinggian. Bagi pekerja diatas ketinggian, harus menggunakan body harness sebagai alat pelindung diri. Semakin tinggi kedudukan benda tersebut dari tanah/lantai, maka semakin besar pula energi potensialnya. Recoil spring pada alat berat tipe track juga perlu diperhatikan, pastikan sudah melepas energi yang tersimpan ketika melakukan pekerjaan.

Energi Kinetik

Beda lagi dengan energi kinetik (EK), yang merupakan energi yang dimiliki sebuah benda bermassa akibat geraknya. Energi kinetik ini juga terbagi menjadi energi kinetik translasi dan energi kinetik rotasi. Jadi, kalau energi kinetik translasi ini, geraknya lurus, bisa maju, atau mundur. Sementara itu, energi kinetik rotasi, gerakannya memutar. Untuk mengisolasi energi ini pada pekerjaan alat berat adalah memasang wheel chock, memasang safety lock bar atau safety lock dump.

Energi Mekanik

Jenis energi lainnya adalah energi mekanik (EM), yang merupakan jumlah energi potensial dan energi kinetik pada sebuah benda atau sistem. 

Energi Listrik dan Energi Potensial Listrik

Energi potensial listrik adalah usaha untuk memindahkan muatan dalam beda potensial listrik. Sementara itu, energi listrik adalah energi yang dihasilkan oleh arus listrik yang bekerja pada sebuah perangkat listrik. Contoh energi listrik itu ada pada baterai atau aki. Untuk mengisolasi energi ini agar tidak membahayakan pekerja maka memutuskan arus listrik utama melalui battery disconnect switch, atau starting disconnect switch (mencegah engine start).

Energi Panas (Thermal)

Energi panas terbagi dua, yaitu energi panas yang tersimpan pada sebuah benda, dan energi panas yang dipindahkan ke benda lain (kalor). Pada jenis pekerjaan pengelasan, untuk area-area tertentu yang dimana terdapat bahan mudah terbakar maka diperlukan langkah-langkah pencegahan dan pengendalian.

Energi Kimia

Energi kimia merupakan energi yang terkandung dalam ikatan atom-atom penyusun sebuah materi. Energi kimia juga merupakan sumber energi yang dapat diolah oleh tubuh makhluk hidup. 

Energi Cahaya

Sama seperti namanya, energi cahaya merupakan energi yang menghasilkan cahaya. Ketika melakukan pengelasan, paparan sinar UV (ultra violet), sinar IR (infra red) dan sinar biru (tampak). Untuk mengurangi paparan sinar tersebut maka seorang welder akan menggunakan kacamata las (welding glasses) dan memasang welding screen.

Energi Bunyi

Energi bunyi yang yang dapat diterima oleh pendengaran manusia yang diijinkan adalah dibawah 85 dB. Jika paparan suara melebihi dari nilai ambang batas (NAB) tersebut makan gunakan jenis pelindung telinga yang sesuai dan intensitas pekerjaan diatur sedemikian rupa. Misal setiap 15 menit terpapar harus keluar/berhenti/menghindari paparan kebisingan suara.

Energi Nuklir

Manusia juga menciptakan sumber energi lain yang cukup berbahaya, yaitu melalui radioaktif dari uranium dan plutonium. Biasanya kita mengenal energi ini dengan nama energi nuklir. Memang, energi nuklir dapat menghasilkan tenaga yang besar melalui reaksi inti baik reaksi fisi (pemisahan) maupun reaksi fusi (penggabungan), tetapi diperlukan tenaga ahli dan perlengkapan yang memadai untuk menstabilkan reaksinya sebelum bisa digunakan tenaganya. 

No comments:

Post a Comment

Electronic Air Drier - Volvo Truck

Air Drier, General Electronic air drier bekerja berdasarkan prinsip yang sama seperti pendahulunya yang dikontrol udara. Perbedaannya, e...