Introduction
Cooling system merupakan sistem tertutup yang bertekanan. Menggunakan water pump yang digerakan oleh engine untuk mensirkulasikan coolant di dalam system. Coolant menyerap panas dari bagian engine dan oli yang membutuhkan pendinginan. Coolant didinginkan didalam radiator oleh aliran udara yang dihasilkan oleh cooling fan.
Thermostat mengatur pola aliran coolants. Ketika engine dalam kondisi dingin atau suhu keia belum tercapai, coolant mengalir tanpa melewati radiator untuk mempertahankan panas daripada melepaskannya. Expansion tank digunakan sebagai ruang pemuaian coolant. Terdapat pressure relief valve tyang terintegrasi pada tutupnya.
- Oil cooler
- EGR cooler (only H-model engines)
- VGT turbo (only H-model engines)
- Turbo actuator (only H-model engines)
- Holes — cylinder liner, lower cooling jacket
- Hole — cylinder liner, upper cooling jacket
- Channel to cylinder head
- Thermostat
- By-pass pipe
- Air compressor (only H-model engines)
- Coolant temperature sensor (SE2606)
Blue – Cold coolant
Red – Warm coolant
A. To cab heating
B. To transmission oil cooler
C. From cab heating
D. Coolant drain
- VGT turbo
- Turbo actuator, MO2501
- EGR-cooler
- Air compressor
- Thermostat housing
- Coolant temperature sensor, SE2606
- Thermostat
- Coolant level sensor, SE2603
- Expansion tank
- Cylinders
- AdBlue®/DEF tank
- AdBlue®/DEF pump unit
- Oil cooler cover
- Coolant pump
- Radiator
- Aluminium casing
- Plastic impeller
- Shaft seal
- Bearing
- Belt pulley
- Ventilation space
- Ventilation space, opening
- Pump rear
No comments:
Post a Comment