Labels

Search This Blog

22 October 2023

Auxiliary Brake (Engine Braking) - Volvo A60H

A60H Volvo

Engine brake VEB adalah singkatan dari Volvo Engine Brake. VEB tersedia dalam beberapa versi, dan berikut ini menjelaskan fungsi tersebut untuk articulated hauler. Engine brake terdiri dari dua subsystem yaitu :

  1. Exhaust brake, VGT (Variable Geometry Turbo) alternatif lainnya Exhaust brake, EPG (Engine Pressure Governor)
  2. Compression brake, VCB (Volvo Compression Brake)

Engine Brake Function

Ketika VEB diaktifkan, exhaust stroke dan compression stroke digunakan untuk meningkatkan engine's braking power. Pada saat yang bersamaan fuel injection dimatikan.

A. Exhaust stroke digunakan dimanfaatkan dengan exhaust pressure governor shutter menutup jalur outlet yang berasal dari turbocharger. Ketika piston bergerak naik (TDC), tekanan balik tinggi tercipta didalam cylinder dan berdampak pada braking effect, karena gas buang tidak dapat dikeluarkan dengan cara yang sama seperti engine running dalam kondisi normal. Exhaust pressure governor dikontrol oleh control valve PWM2501 dan dapat berfungsi karena adanya udara bertekanan. 

  1. Compressed air cylinder
  2. Damper housing
  3. Connection exhaust back-pressure, sensor SE2511 / SE2518




AVU (Air Valve Unit) tersedia dalam 2 variant :
A) Twin-port AVU valve : mengatur EPG dan turbocharger bypass valve.
B) Single-port AVU valve :hanya mengatur EPG pada engine yang turbocharger yang tidak memiliki bypass
valve.

B. Compression stroke digunakan untuk meningkatkan braking power (effect). High pressure pada exhaust manifold digunakan selama exhaust braking. Di sekitar posisi BDC setelah inlet stroke, exhaust valve membuka sebentar agar tekanan tinggi masuk mengisi ke dalam cylinder. Pada compression stroke selanjutnya, tbraking power (effect) akan lebih tinggi dikarenakan "pengisian" yang terjadi sebeumnya.

  1. Oil inlet
  2. Oil outlet
  3. Solenoid valve

C. Pada akhir compression stroke exhaust valve membuka seketika untuk melepaskan udara bertekanan (decompression). Dengan cara ini efek dorongan selama power stroke dapat dihindari, yang jika tidak maka akan mengurangi engine braking effect.

NOTE!

Ketika menggunakan switch untuk engine brake bersamaan dengan melepas accelerator pedal, engine brake function tergantung pada engine type.

Principle illustration, two cam profiles

Engine brake function, principle illustration

A. Exhaust stroke
B. Compression stroke
C. Decompression

Materi terkait :


No comments:

Post a Comment

Electronic Air Drier - Volvo Truck

Air Drier, General Electronic air drier bekerja berdasarkan prinsip yang sama seperti pendahulunya yang dikontrol udara. Perbedaannya, e...