Labels

Search This Blog

22 October 2023

Parking Brake - Volvo A60H

Parking Brake

Parking brake memiliki tiga buah brake caliper yang bekerja dengan menggunakan gaya spring dan release menggunakan  energy hydraulic. Ketika parking brake terpasang (aktif), differential lock pada dropbox jug aktif (engaged) yang dimunculkan pada information display.

Parking brake diaktifkan oleh operator menggunakan two-position switch. Untuk tujuan kemanan, parking brake dapat juga terpasang secara automatic misalnya pada kasus low accumulator pressure pada brake circuit. Saat menstarter machine, parking brake selalu diaktifkan, apapun posisi parking brake switch. Jika switch berada pada posisi “released”, switch r harus dipindahkan ke posisi “activated” dan kemudian kembali ke posisi “released” untuk melepas Parking brake.

Gear berpindah ke neutral position sesaat setelah parking brake terpasang (aktif), kecuali brake pedal atau accelerator pedal diaktifkan. 

Parking Brake Applied (aktif)

Parking brake applied, function diagram

  1. Hydraulic pump, P6
  2. Switch for parking brake, SW5501
  3. Solenoid valve for controlling hydraulic pressure to parking brake cylinders, MA5501
  4. Pressure sensor for checking hydraulic pressure to parking brake cylinders, SE5501
  5. Parking brake with hydraulic brake calipers
  6. Differential lock in dropbox.
  7. Solenoid valve for controlling differential lock (released when pressurized) in the dropbox, MA4604.
  8. Solenoid valve for draining air pressure for applying differential lock in the dropbox, MA4606.
  9. Compressed air tank
  10. Compressed air compressor

Parking Brake Deactivated (tidak aktif)

Untuk me-release parking brake, operator harus menggerakan two-position switch SW5501 dari position “applied” ke position “released”. Input VB55 dan VB89 pada control unit V-ECU mendeteksi posisi two-position switch, SW5501. Ketika switch diposisikan “applied” tidak ada voltage pada output VB49 dan solenoid valve MA5501 mengalirkan hydraulic pressure dari parking brake cylinder menuju ke tank.

Ketika switch SW5501 dipindah dari “applied” ke “released” dan kondisi release the parking brake terpenuhi, solenoid valve MA5501 disupply tegangan melalui output VB49 pada control unit V-ECU.

Ketika solenoid valve MA5501 diaktifkan, parking brake cylinder diberi tekanan dan parking brake di-released. Pada saat yang sama MA4606 diaktifkan dan differential lock pada dropbox di-released. Ketika pressure sensor SE5501 mengindikasikan tekanan diatas 190 bar (2755 psi), parking brake di-released dan parking brake light dimatikan.

Parking brake released, function diagram

  1. Hydraulic pump, P6
  2. Switch for parking brake, SW5501
  3. Solenoid valve for controlling hydraulic pressure to parking brake calipers, MA5501
  4. Pressure sensor for checking hydraulic pressure to parking brake calipers, SE5501
  5. Parking brake with hydraulic brake calipers
  6. Differential lock in dropbox.
  7. Solenoid valve for controlling differential lock (released when pressurized) in the dropbox, MA4604.
  8. Solenoid valve for draining air pressure for applying differential lock in the dropbox, MA4606.
  9. Compressed air tank
  10. Compressed air compressor

NOTE!

Jika parking brake di-released melalui switch dan pressure sensor SE5501 tidak mendeteksi tekanan diatas 190 bar setelah  3 detik, parking brake diaktifkan kembali.

Materi terkait :

No comments:

Post a Comment

Electronic Air Drier - Volvo Truck

Air Drier, General Electronic air drier bekerja berdasarkan prinsip yang sama seperti pendahulunya yang dikontrol udara. Perbedaannya, e...