Labels

Search This Blog

21 October 2023

Base Module (GM) - Mercedes Benz Actros

Base Module (GM)

Base module (A7) GM terletak dalam electrical compartement cabin dan dapat diakses dari luar dan dalam cabin. Semua input dan output signal dari cabin diterima dan dikirim dari sini. GM terhubung dengan chassis cab connector. GM mendapat supply arus listrik via studs. Studs ini tembus ke bagian dalam sehingga memungkinkan untuk consumer dari interior. Empat warna plug yang berbeda digunakan dalam GM. Masing-masing warna memiliki kode mekanikal. Terdiri dari versi 6-, 9-, 15-, dan 21-pin. GM memiliki hardware yang berbeda tergantung dari permintaan kendaraan masing-masing. 

Central Data Memory (ZDS)

Pada base module GM terdapat central data memory (ZDS) yang memiliki memory 2048 kB, dimana semua parameter dari sistem electronik yang terpasang di kendaraan disimpan didalam ZDS kecuali data dari MR control unit engine. ZDS menyediakan data permanen untuk control unit berdasarkan permintaan, misalnya penggantian control unit. Parameter di-flashing ke control unit yang baru dari ZDS. Data dari ZDS disimpan didalam INS sebagai mirror memory (128 kB) untuk alasan safety. Hal ini dimaksudkan juga untuk penggantian GM dan untuk reproduce all data.

Penggantian Base Module (GM)

Setelah penggantian GM, harus dilakukan parameter data yang diperlukan untuk kendaraan. Untuk mempermudah prosesnya, mirror memory terletak didalam INS. Data yang esensial sperti diagnostic command, parameter dan life data of WS disimpan disini. GM me-rebuild memory dari ZDS dan sesuai dengan semua control unit yang ditemukan selama proses diagnostic. Fungsi reproduce ini dilakukan dengan Star Diagnostic.

Power Distributor

Ada dua buah fuse yang terpasang di power distributor. Front module dilindungi oleh fuse 80 A, rear module dilindungi oleh fuse 60 A sedangkan base module tidak menggunakan fuse.

Note :
Chassis kendaraan tidak digunakan untuk potensial ground. Dianjurkan untuk menggunakan ground point ketika melakukan penambahan consumer.


Plug X7

Plug X7 pada base module disediakan untuk beberapa keperluan penting yang mungkin akan digunakan. 

Function Pin  X7 no :

  1. Tml. 58, parking lamp
  2. Tml. 30
  3. Tml. 54 stop lamp
  4. Backup lamp
  5. Tml. W
  6. Tml. D +
  7. Tml. 31
  8. v-signal 8 pulses/m
  9. Tml. 15


No comments:

Post a Comment

Electronic Air Drier - Volvo Truck

Air Drier, General Electronic air drier bekerja berdasarkan prinsip yang sama seperti pendahulunya yang dikontrol udara. Perbedaannya, e...