Labels

Search This Blog

19 October 2023

Lubrication System - Volvo EC480DL


Introduction

Tekanan oli pelumasan pada komponen engine dilakukan oleh gear-pump yang digerakan oleh engine crankshaft. Oil pump membawa oli dari oil sump naik keatas melalui saluran, pipa dan hose menuju titik-titik pelumasan dan menuju ke piston cooling system.

Valve-valve diletakkan di dalam cylinder block, oil pump, dan oil filter housing. Valve-valve ini mengatur aliran oli di dalam sistem. Oli dari lubrication system melalui oil cooler untuk didinginkan oleh engine coolant. Oli juga mengalir melalui dua buah full-flow filter dan satu buah bypass filter.

Function Diagram
Red — pre filter
Orange — after filter

  1. Oil level and temperature sensor (SE2205,SE2202/FX1006)
  2. Strainer
  3. Tube
  4. Oil pump
  5. Main lubrication channel, cylinder block
  6. Oil separator, crankcase ventilation (Only H model engines)
  7. Air compressor
  8. Connection housing
  9. EGR valve (Only H model engines)
  10. Turbocharger
  11. Oil cooler
  12. Piston cooling nozzles
  13. Pressure pipe
  14. Filter housing
  15. Full flow filters
  16. Bypass filter

    A. Reduction valve 
Berfungsi untuk menjaga  oil pressure pada level yang tepat.

    B. Safety valve 
Berfungsi melindungi oil pump, filter dan oil cooler dari pressure berlebih ketika oil viscosity menjadi tinggi.

    C. Oil thermostat valve 
Mengatur oil temperature pada nilai yang optima. Thermostat membuka  ketika engine temperature rendah, untuk memastikan oili bersirkulasi pada engine tanpa didinginkan. Ketika oil temperature meningkat, thermostat menutup secara bertahap saluran bypass yang menuju ke dalam engine dan diarahkan untuk melewati oil cooler.

    D. Control valve for piston cooling 
Berfungsi mengatur aliran oli yang menuju piston cooling channel.

    E. Opening valve for piston cooling 
Terhubung dengan piston cooling circuit, membuka setelah oil pressure naik sampai pada preset opening pressure-nya.

    F. Overflow valve for filters 
Membuka jika filter menjadi buntu untuk memastikan bahwa engine mendapat pelumasan.

    G. Overflow valve for full-flow filter  
Terletak pada remote oil filter housing, membuka jika filter menjadi buntu untuk memastikan bahwa engine mendapat pelumasan.

Oil pump and Cooler


  1. Driven gear (1) langsung dari crankshafts gear. 
  2. Reduction valve (2) terpasang didalam oil pump dan mengatur lubricating oil pressure.

Yellow = coolant
Light brown = oil (before filter)
  1. Flow plate
  2. Oil cooler
  3. Oil cooler cover


  1. Suction tube with strainer
  2. Pipe 
  3. Pressure pipe
  4. Oil cooler 
  5. Oil cooler cover 
  6. Flow plate

Oil Filter Housing
Oil filter housing tempat filter, untuk mendistribusikan dan mengatir engine oil. Remote oil filter housing memiliki dua full flow filter dan satu bypass filter yang terletak terpisah dari valve housing untuk memudahkan pekerjaan service. Sensor untuk lubrication oil pressure terletak pada oil filter housing.

Piston Cooling System
Ilustrasi dibawah menunjukan oili mengalir untuk piston cooling system ketika valve (E) membuka dan valve (F) menyeimbangkan aliran oli untuk piston cooling channel. Piston cooling nozzle diarahkan langsung sehingga oil jet menyembur pada lubang masuk piston cooling chamber (pada sisi bawah piston).



No comments:

Post a Comment

Electronic Air Drier - Volvo Truck

Air Drier, General Electronic air drier bekerja berdasarkan prinsip yang sama seperti pendahulunya yang dikontrol udara. Perbedaannya, e...