Labels

Search This Blog

22 October 2023

Wheel Brake - Volvo Truck

Pergerakan brake shoe dikontrol oleh sebuah mekanisme yang disebut "Z eccentric". Huruf "Z" mewakili bagaimana tekanan pada pin yang terletak pada shaft dan cam. Ketika shaft dan cam diputar, pressure pin terdorong keluar. Pergerakan ini diteruskan ke brake shoe oleh tappet head. Lakukan penyetelan dengan memutar adjusting screw sehingga tappet heads bergerak keluar. Primary dan secondary brake shoe berbeda bentuk dan tidak dapat dipasang terbalik. 

  1. Shaft with cam
  2. Pressure pins
  3. Adjuster screw
  4. Tappet head
  5. Pins
  6. Return spring

P Primary shoe
S Secondary shoe

Selama proses braking (pengereman), secondary shoe bergerak sedikit menyentuh brake drum sebelum primary shoe. Hal ini terjadi supaya secondary shoe terdorong kebelakang sedangkan primary shoe tertarik searah putaran brake drum.

A Eccentric side end
B Support block side end

Adjustment Mechanism

Mekanisme penyetelan tersusun dalam housing agar terlindung dari kotoran dan kelembaban. Brakes bisa jadi di-adjust secara otomatis ataupun manual. Pada automatic adjusting system, brake di-adjust ketika keausan lining mencapai level tertentu. Adjusting screw terhubung terhadap secondary shoe adjusting screw oleh cross shaft. Selama penyetelan, screws berputar perlahan dan tappet head bergerak sedikit.

  1. Pinion
  2. Tappet head
  3. Adjuster screw
  4. Cross shaft

No comments:

Post a Comment

Electronic Air Drier - Volvo Truck

Air Drier, General Electronic air drier bekerja berdasarkan prinsip yang sama seperti pendahulunya yang dikontrol udara. Perbedaannya, e...