Labels

Search This Blog

17 October 2023

Lock Out & Tag Out

Apa itu LOTO?

LOTO ( Lock Out Tag Out) adalah alat dan metode yang digunakan untuk mengisolasi energi berbahaya dan mengendalikan mesin atau peralatan agar tidak menyala (aktif) secara tidak disengaja oleh orang lain. Isolasi energi ini akan melindungi pekerja dari kemungkinan terjadinya pelepasan energi berbahaya dari mesin, instalasi listrik, atau peralatan lain yang sedang diperbaiki dan dalam perawatan.




Lock Out 

adalah kegiatan mengisolasi atau mengunci sumber energi berbahaya menggunakan peralatan khusus untuk penguncian. Peralatan tersebut biasa dikenal dengan nama padlock atau personal lock holder. Peran lock out sangatlah penting untuk memastikan keselamatan pekerja sebelum melakukan perbaikan atau perawatan. Di beberapa perusahaan penggunaan padlock dibedakan menjadi beberapa warna dengan tujuan yang berbeda pula. Yang sering digunakan adalah padlock berwarna merah ditujukan untuk pekerja sementara padlock berwarna kuning ditujukan untuk Isolation Officer

Tag Out 

adalah pelabelan yang digunakan sebagai peringatan bahaya dan menunjukkan bahwa tidak ada yang boleh mengoperasikan sakelar atau peralatan di mana tag itu terpasang. Label yang biasa digunakan biasa dikenal dengan nama personal danger tag dan out of service tag. Personal danger tag menunjukkan bahwa sedang ada perawatan atau perbaikan oleh pekerja. Sementara out of service tag menunjukkan bahwa peralatan atau instalasi dalam kondisi rusak atau sedang dalam proses perawatan/perbaikan.

Mengapa LOTO Itu Penting Untuk Dilakukan?
Occupational Safety and Health Administration (OSHA) memperkirakan LOTO yang dilakukan sesuai standar bisa mencegah 120 korban jiwa dan 50.000 cedera pada pekerja setiap tahun.

Ketidaksengajaan mengoperasikan kembali peralatan yang sedang diperbaiki atau pelepasan energi berbahaya dari mesin secara tiba-tiba menyebabkan cedera serius bagi pekerja dan bisa merusak peralatan itu sendiri. Di sinilah peran LOTO sangat penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan melindungi peralatan yang sedang diperbaiki atau dalam perawatan akibat permasalahan tersebut.

Tujuan dilakukan prosedur LOTO :
  1. Mencegah terlepasnya energi yang tersimpan secara tiba-tiba.
  2. Menghindari pengoperasian mesin yang tidak terduga.
  3. Mencegah terjadinya cidera pada pekerja atau kerusakan pada alat itu sendiri.

Kapan LOTO harus digunakan?

Dasar Hukum - PERMENAKER RI No. 38 Tahun 2016, tentang K3 Pesawat Tenaga dan Produksi

Pasal 7
  1. Pesawat Tenaga dan Produksi harus dilengkapi dengan tombol penggerak dan penghenti.
  2. Penandaan tombol penggerak dan penghenti untuk mesin di tempat kerja harus seragam.

Pasal 8
  1. Pesawat Tenaga dan Produksi harus dilengkapi Alat Pengaman.
  2. Semua bagian yang bergerak dan berbahaya dari Pesawat Tenaga dan Produksi harus dilengkapi Alat Perlindungan.
  3. Alat Pengaman sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus sesuai dengan jenis, tipe/model, dan kapasitas Pesawat Tenaga dan Produksi.
  4. Alat Perlindungan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) harus dapat: 
  • melindungi dari tindakan pengoperasian yang salah;
  • mencegah pendekatan terhadap bagian atau daerah yang berbahaya selama beroperasi;
  • memperlancar proses produksi; dan
  • berfungsi secara otomatis dan sesuai dengan pengoperasian Pesawat Tenaga dan Produksi. 

Pasal 27
  1. Pada Pesawat Tenaga dan Produksi yang sedang diperbaiki, tenaga penggerak harus dimatikan dan alat pengontrol harus segera dikunci serta diberi tanda larangan pengoperasian.
  2. Kunci dan tanda larangan pengoperasian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak boleh dilepas sampai kegiatan perbaikan selesai dan dinyatakan aman untuk beroperasi.

LOTO digunakan ketika :

  1. Pemeliharaan pada mesin atau sekitar mesin sedang dilakukan, dimana hal-hal berbahaya dapat terjadi akibat mesin hidup secara tidak terduga atau lepasnya energi yang tersimpan.
  2. Memperbaiki mesin atau peralatan yang rusak.
  3. Pengaman atau alat keselamatan lainnya harus dipindahkan.
  4. Pekerja meletakkan sebagian atau seluruh tubuhnya dalam mesin atau peralatan di mana terdapat risiko terjepit oleh mesin yang bergerak.
  5. Unit/ alat dikerjakan secara pararel oleh beberapa orang mekanik/ group, dengan obyek kerja yang berbeda.
  6. Unit yang dikerjakan memiliki dimensi besar/ instalasi luas, dimana teknisi tidak terlihat.
  7. Pekerjaan tidak selesai dalam sekali waktu sehingga harus ditunda dan dilanjutkan lain waktu.

LOTO Devices



Materi yang terkait :

12 Langkah Isolasi 

No comments:

Post a Comment

Electronic Air Drier - Volvo Truck

Air Drier, General Electronic air drier bekerja berdasarkan prinsip yang sama seperti pendahulunya yang dikontrol udara. Perbedaannya, e...