Labels

Search This Blog

19 October 2023

Empat Langkah Keselamatan


Keselamatan meliputi semua aspek kegiatan sehingga menjadi kebutuhan setiap manusia. Banyak metode dalam menerapkan keselamatan dalam bekerja salah satunya adalah membacakan 4 Langkah Keselamatan setiap hari setelah melaksanakan briefing awal shift. Banyak versi dari 4 Langkah Keselamatan yang berkembang di perusahaan. Berikut ini makna dan filosofinya.

Langkah ke-1 : 
Periksa disekitar anda, adakah orang yang bekerja tidak aman?

Safety dimulai dari saya, sebagai rasa kepedulian terhadap rekan kerja atau sesama manusia. Wajib bagi kita untuk memastikan area kerja kita terbebas dari orang yang bekerja tidak aman. Orang yang bekerja tidak aman dapat membahayakan dirinya sendiri atau orang yang bekerja dengannya, bisa jadi kita sendiri. Menegur, mengingatkan dengan baik adalah cara yang tepat untuk menyelamatkan orang lain dan diri sendiri. Contohnya melihat rekan kerja memukul dengan material besi dengan iron hammer (palu besi), bahayanya adalah lentingan yang mungkin terjadi. Seharusnya memukul menggunakan brass hammer (palu kuningan). 

Langkah ke-2 :
Periksa sekeliling, adakah situasi yang berbahaya?

Ketika akan memulai satu pekerjaan, penting untuk mengetahui situasi di sekitar kita agar dapat mengantisipasi situasi berbahaya yang berpotensi menyebabkan kecelakaan. Contoh situasi yang berbahaya antara lain : lantai area kerja licin, merokok di dekat bahan yang mudah terbakar, tidak melakukan prosedur isolasi. 

Langkah ke-3 : 
Periksa peralatan, adakah yang membahayakan?

Setelah situasi dipastikan aman, selanjutnya periksa kondisi peralatan/perlengkapan kerja sebelum digunakan atau pada kendaraan dari kondisi yang tidak normal. Penting bagi mekanik untuk mengecek setiap peralatan dan operator untuk melakukan pengecekan unit sebelum dioperasikan, terutama pada komponen-komponen yang kritikal seperti sistem rem, kemudi, ban, dan lainnya.

Langkah ke-4 :
Lakukan tindakan perbaikan segera, jika kita menemukan bahaya.

Jika diketahui suatu kondisi berbahaya, maka selanjutnya adalah melakukan langkah perbaikan. Apabila kondisi berbahaya tersebut dapat diatasi sendiri, maka segera lakukan perbaikan, namun apabila tidak memiliki kemampuan untuk melakukan perbaikan, maka segera informasikan kepada pihak yang berkompeten atau yang berkaitan untuk melakukan perbaikan . Contoh : ketika menemui area blind spot (ditikungan), maka usulkan untuk dilakukan pemasangan traffic mirror. 
Ketika melihat kabel yang terkelupas, maka segera dilakukan isolasi untuk mencegah orang terkena arus listrik.

Itulah 4 langkah keselamatan yang diterapkan di pertambangan. Selain itu juga relevan untuk diterapkan dalam aktivitas kita sehari-hari.

Berfikir aman, Bekerja dengan selamat...

No comments:

Post a Comment

Electronic Air Drier - Volvo Truck

Air Drier, General Electronic air drier bekerja berdasarkan prinsip yang sama seperti pendahulunya yang dikontrol udara. Perbedaannya, e...